Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 26 Juli 2011

Pengalaman Hidup

            Ketika Pilihan Merantau itu Datang, Sudah Cukup Mandirikah Kamu?
            Ketika kita beranjak dewasa, semakin dewasa dan lebih dewasa lagi, maka kita akan dituntut untuk bisa hidup jauh dari orang-orang yang kita sayangi. Merantau adalah salah satu hal yang patut kita pertimbangkan ketika umur kita telah dinyatakan pantas untuk itu. Bahkan ada yang merantau sejak anak-anak, remaja atau saat sudah dewasa ataupun harus hidup merantau saat umur sudah tua. Secara harfiah, merantau bisa diartikan sebagai kegiatan migrasi, pindah tempat tinggal dan hidup di daerah selain asal kelahirannya untuk bekerja, melanjutkan pendidikan ke tempat yang lebih berkualitas, mencari pengalaman dan/atau untuk mencapai kesuksesan secara finansial dan sosial. Menurut Wiki, merantau adalah suatu aktivitas di mana seseorang pergi dari tempat asalnya ke daerah lain.
            Nah, untuk pembaca yang merasa sedang ada dalam posisi merantau ini, bagaiamana sebenarnya cara kita agar tetap bisa survive dalam keadaan apapun ditempat perantauan kita? Dan inti dari hidup merantau sebenarnya adalah hidup mandiri.  Lalu bagaimana caranya menjadi orang yang mandiri?
            Disinilah keju manis ini akan memberikan tips untuk bisa menjadi pribadi yang mandiri dan siap merantau.
·         Langkah pertama, tentukan tujuan. Tujuan adalah arah yang mesti digapai. Langkah ini sangat penting dilakukan, karena akan menjadi barometer yang menuntun tindakan dan pikiran sehingga selalu bangga dengan diri sendiri (muncul rasa percaya diri) dan motivasi menyala yang tak pernah padam. 

·         Menjadi manusia merdeka merupakan langkah kedua. Merdeka berarti bebas dari segala kungkungan dan ikatan rasa takut untuk berbuat dan bertindak. Dengan merdeka, kita mempunyai keberanian dan tekat untuk menampilkan diri baik dalam berkarya maupun dalam kebersamaan yang satu. 

·         Disiplin (berarti janji dengan diri sendiri) harus dimiliki jika ingin menjadi orang yang mandiri dalam perantauan. Ini merupakan langkah ketiga. Disiplin juga berarti perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang dirasakan menjadi tanggung jawab. Melakukan sesuatu bertanggung jawab merupakan wujud dari kemandirian memerlukan disiplin diri agar tujuan yang ingin diraih tercapai. 

·         Memiliki keberanian (attitute) adalah langkah keempat. Keberanian memulai sesuatu, keberanian untuk bertindak dan keberanian untuk mengambil resiko serta keberanian menerima hasil, entah itu hasilnya baik atau buruk. Keberanian yang sesungguhnya merupakan langkah pasti yang harus dipunyai oleh individu yang ingin mandiri. 

·         Memiliki semangat pantang menyerah. Ini adalah langkah kelima. Ingat dengan pidato singkat dari Sir Winston Leonard Spencer Churchill, tokoh politik dan pengarang dari Inggris sebagai Perdana Menteri Britania Raya yang berkata ’never give up’, berarti jangan pernah menyerah. Dalam mencari kemandirian di perantauan kadang tantangan, cobaan, aral, rintangan dan masalah menghadang di jalan ketika kita meniti kemandirian. Hal ini menguji kita apakah kita akan meneruskan karya sebagai wujud kemandirian atau berhenti sampai disitu. Kita harus bijak menyikapi hal ini, teruslah mencoba, karena sebetulnya sukses tinggal selangkah lagi. Tinggal diperlukan tekad dan sikap pantang menyerah.
            Oke, semoga tips tadi bermanfaat. Selamat merantau dan menuju hidup yang mandiri untuk mahasiswa baru 2011 J
Welcome to the world and live your best life! J

                                                Ni Wayan Dessy Eka Rahayu ET’10
                                                  (cheesesweety-dessystei.blogspot.com) 

0 komentar: